Mengenal Gasket dan Tehnik Melepas Komponen Mesin Tanpa Merusak Gasket




Assalamu’alaikum Wr. Wb.
       Pada sepeda motor dan mobil biasanya terdapat yang namanya gasket, gasket bisa disebut juga perpak atau atau seal. Gasket ini digunakan untuk merapatkan kedua komponen yang saling digabungkan, komponen yang menggunakan gasket sebagai perapatnya biasanya adalah komponen yang terdapat ruang di dalamnya, seperti: silinder, gear box, exhaust dan inhaust manifold, dsb. agar tidak terjadi kebocoran yang diakibatkan dari kurang rapatnya gabungan kedua komponen tersebut, misal gear box yang dipasang tanpa menggunakan gasket maka yang terjadi oli merembes dari sela-sela housing yang digabungkan atau disatukan menggunakan baut.

       Saat melakukan bongkar mesin sepeda motor bebek maka kita juga akan bertemu gasket, pada bagian antara silinder head dengan silinder block gasket yang digunakan berbahan logam dan berbentuk tipis sehigga kita tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan terhadap gasket tersebut. Berbeda jika kita membongkar silinder block dari gear box maka gasket yang digunakan adalah gasket yang bahannya bersifat seperti kertas dan mudah untuk rusak jika kita tidak melepas silinder block tersebut secara hati-hati, untuk tehnik melepasnya adalah sebagai berikut.

Tehnik melepas dua komponen mesin tanpa merusak gasketnya:

  1. Sebelum silinder block dilepas dari housing, olesi terlebih dahulu bagian gasket diantara silinder block dan gear box menggunakan bensin secara memutar atau sampai seluruh permukaan gasket dari luar terlumasi oleh bensin.
  2. Siapkan palu karet, pukul silinder block ke arah luar sedikit demi sedikit sampai akhirnya silinder block terlepas dari gear box, jangan memukul terlalu keras atau memukul silinder block secara paksa atau akibatnya gasket yang merapatkan silinder block dan gear box akan rusak, sobek, bahkan terputus.
        Tehnik tersebut juga berlaku saat kita ingin melepas dua komponen lain seperti housing magnet dan housing kopling, selain pada sepeda motor tehnik tersebut juga dapat dilakukan pada mesin mobil. Sebenarnya kita tidak perlu takut jika gasket yang kita gunakan rusak, karena jika kita membelinya di toko onderdeal atau dealer resminya harganya tidak terlalu mahal dan masih di bawah Rp.100.000 untuk satu set perpak.
        Pada pemasangannya selain perpak kita juga membutuhkan sealer atau semacam lem khusus untuk merekatkan kedua komponen mesin, sealer dioleskan pada kedua koponen yang akan disatukan atau tepatnya diantara perpak lalu setelah kedua komponen disatukan dengan perpak dan sealer yang telah ditambahkan kita bisa langsung menguncinya menggunakan baut yang sebelumnya kita copot, kencangkan baut sampai komponen yang disatukan tersebut bersatu dan perpak tertekan dengan cukup kencang sehingga tidak terjadi kebocoran seperti oli yang terjadi setelah komponen-komponen tersebut selesai disatukan.

        Jika yang terjadi adalah perpak rusak akibat kita kurang hati-hati saat kita melepas housing misalnya maka kita harus mengganti perpaknya. Sebelum perpaknya kita ganti, kita bersihkan terlebih dahulu perpak yang masih menempel pada kedua komponen dengan mengeroknya menggunakan scrap sampai benar-benar bersih baru kita ganti dengan yang baru.


EmoticonEmoticon