Mengenal Intake dan Exhaust Manifolf Pada Engine Mobil



Assalamualaikum Wr. Wb.
         Pada mobil terdapat yang namanya intake dan exhaust manifold. Kedua komponen tersebut terdapat pada engine dan memiliki fungsinya sendiri-sendiri, intake manifold berfungsi untuk menyalurkan campuran bahan bakar masuk ke dalam engine sedangkan exhaust manifold digunakan untuk mengeluarkan gas sisa bahan bakar keluar dari engine. Pada sepeda motor juga terdapat saluran yang digunakan untuk memasukkan campuran udara dan bahan bakar dan mengeluarkan gas sisa pembakaran, hanya saja kontruksinya lebih sederhana serta bentuknya pun lebih kecil dibanding pada mobil.

intake manifold
Intake Manifold
         Intake manifold terletak pada engine dan setelah karburator(pada engine konvensional). Komponen ini digunakan untuk menyalurkan campuran udara dan bahan bakar dari karburator(pada engine konvensional) ke dalam silinder yang nantinya digunakan untuk melakukan pembakaran, bahan yang digunakan untuk membuat intake manifold adalah paduan aluminium karena bahan tersebut mudah untuk mengalirkan panas, supaya bahan bakar yang sebelumnya diproses di dalam karburator lebih tercampur maka di dalam intake manifold terdapat proses perputaran campuran udara dan bahan bakar saat mesin dinyalakan yang membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi lebih bagus. Intake manifold dipasang atas dan bawah dengan exhaust manifold pada beberapa mesin, dan ada juga intake manifold yang dilengkapi dengan water jacket guna membantu mendinginkan campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam engine. Alasan kenapa intake manifold diletakkan dekat dengan sumber panas supaya campuran udara dan bahan bakar cepat menguap.
exhaust manifold

Exhaust Manifold
        Berbeda dengan intake manifold, exhaust manifold digunakan untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran dari silinder ruang bakar. Pada beberapa engine saluran ini terletak di bawah intake manifold, sisa bahan bakar yang dikeluarkan disalurkan ke exhaust pipe(pipa buang). Suhu yang dihasilkan oleh exhaust manifold sangatlah panas, dan biasanya terdapat kotoran berupa arang yang menempel sehingga perlu dilakukan pembersihan.

Sekian, kurang lebihnya minta maaf, dan terima kasih:-)


EmoticonEmoticon