Mekanisme Kunci Stang Pada Sepeda Motor



Assalamualaikum Wr. Wb.
          Selamat pagi sobat blogger, di pagi yangbindah ini ingin sekali saya menulis sebuah artikel, dan artikel yang ingin saya tulis kali ini adalah tentang mekanisme kunci stang pada sepeda motor.

          Kunci stang adalah sebuah alat pengaman sepeda motor yang dipasang pada bagian kontak motor dan digunakan untuk mengamanakan motor dari pencuri dengan menguncinya ke arah kiri. Dengan adanya kunci stang, motor hanya bisa berada di tempat karena stang tidak bisa diarahkan lurus, tapi dengan adanya kunci stang bukan berarti sepeda motor kita tidak bisa dicuri karena semakin lama tehnik kejahatan untuk mencuri motor sebakin banyak, salah satu tehniknya adalah menyuntikkan cairan asam ke lubang kunci kontak yang akan membuat bagian dalam rangkaian kontak sepeda motor rusak sehingga selanjutnya mudah untuk dicuri. Dalam sebuah kontak sepeda motor ada 3 posisi kunci kontak yaitu on, off, dan lock, dimana lock sendiri adalah posisi kunci untuk mengunci stang sepeda motor.

Mekanisme kunci stang motor adalah sebagai berikut...

         Kunci kontak dimasukkan ke dalam lubang kontak, setelah itu dibelokkan stang motor ke arah kiri, lalu kunci kontak diputar ke posisi lock, selanjutnya terdapat lubang pada batang stang dan terdapat sebuah batang logam pada bagian kontak motor yang nantinya batang logam tersebut akan masuk ke dalam lubang pada stang motor dan akan mengunci stang motor, batang logam hanya bisa masuk ke dalam lubang pada stang motor jika stang motor dibelokkan ke kiri.

           Pada mobil juga terdapat pengunci kemudi seperti kunci stang pada sepeda motor sebagai pengamannya, jika pada sepeda motor yang dikunci adalah stangnya, pada mobil yang dikunci adalah stir kemudinya.

Sekian, kurang lebihnya minta maaf, dan terima kasih..


EmoticonEmoticon