Mengenal Sistem Pelumasan Pada Mobil


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
            Selamat datang para sobat blogger pada postingan saya selanjutnya tentang mengenal sistem pelumasan. Pada kendaraan khususnya yang saya bahas di sini adalah mobil terdapat suatu sistem yang berisi oli dengan komponen – komponennya, komponen ini dinamakan sistem pelumasan, ada sedikit perbedaan pada sistem pelumasan mesin bensin dengan sistem pelumasan mesin diesel, pada sistem pelumasan mesin diesel menggunakan yang namanya filter oli yang dirancang khusus dan oil cooler atau pendingin oli, filter oli pada mesin diesel dirancang secara khusus karena mesin diesel menghasilkan karbon yang lebih banyak dibanding mesin bensin, dan pada mesin diesel menggunakan oil cooler atau pendingin oli karena kerja mesin diesel lebih berat dibanding mesin bensin serta mesin diesel menghasilkan panas lebih dibanding mesin bensin.
           Untuk jenis minyak pelumasnya harus tepat, karena jenis minyak pelumas yang digunakan pada mesin bensin berbeda dengan minyak pelumas yang digunakan pada mesin diesel walaupun ada juga yang sama. Jika penggunaan jenis minyaknya tidak tepat seperti minyak pelumas khusus mesin bensin digunakan pada mesin diesel bisa jadi hal tersebut dapat merusak mesin diesel tersebut.
            Untuk mengganti minyak pelumas pada mesin seorang mekanik biasanya melepas baut untuk menguras oli yang berada di bawah daripada tangki oli yang berada di bagian bawah mesin, setelah seorng mekanik melepaskan bautnya maka oli bekas yang terdapat di dalam tangki oli akan terkuras sehingga dapat segera diganti dengan oli atau minyak pelumas yang baru.
             Menurut pengalaman saya selama di bengkel PKL saya selama saya masih sekolah dulu, filter oli yang dipasang pada sistem oli harus secara berkala diganti dengan filter oli yang baru karena filter oli yang telah lama digunakan tidak dapat diperbaiki.
              Sekian sedikit saya bagikan tentang sistem pelumasan, semoga dapat menambah sedikit pengetahuan untuk kita semua, kurang lebihnya minta maaf, dan terima kasih :D

###salam_autotechgo.com###


EmoticonEmoticon