Mengenal Rem Parkir Pada Mobil


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
           Dalam kendaraan khususnya mobil ada yang namanya rem parkir, rem ini berada di dashboard mobil dan kebanyakan dioperasikan menggunakan tangan yaitu yang berbentuk tuas dan stick tetapi ada juga yang dioperasikan menggunakan kaki dan berbentuk pedal, rem ini di rancang khusus guna menahan atau mengerem kendaran saat keadaan berhenti atau parkir agar kendaraan tidak berpindah tempat saat dalam keadaan parkir.
            Kendaraan niaga besar seperti truk dsb. Menggunakan rem parkir yang dipasang pada tengah kendaraan atau center brake, dinamakan center brake karena pembangkit dari remnya berada di tengah daripada kendaraan, tepatnya berada diantara transmisi dan propeller shaft. Sedangkan kendaraan niaga kecil dan kendaraan penumpang menggunakan yang namanya rem parkir ekslusif, dinamakan demikian karena rem ini menggunakan kaki untuk pengoperasiannya, dan pembangkit dari rem tersebut berada di roda belakang. Untuk tipe pembangkit rem parkirnya sendiri ada yang menggunakan rem tromol tetapi ada juga yang menggunakan rem cakram, pada center brake juga menggunakan tipe rem tromol hanya bedanya berada di tengah daripada kendaraan tepatnya diantara transmisi dan propeller shaft kendaraan.

 Mekanisme

             Menkanisme untuk rem parkir ini sendriri sama untuk tipe rem belakang maupun center brake, dengan menarik tuas atau stick atau menginjak pedak daripada rem parkir maka gaya tarik atau injak tersebut di teruskan ke pembangkit daripada rem parkir tersebut menggunakan kabel.

            Mungkin sekian sedikit yang saya bagikan tentang rem parkir, kurang lebihnya minta maaf dan terima kasih :D

###salam­_otomotif###


EmoticonEmoticon