4 Jenis Oskilasi Body yang Perlu Anda Ketahui


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
           Saat kendaraan melaju di jalan sering kali mengalami gerakan akibat dari jalan tersebut, ada  4 macam gerakan yang disebut dengan oskilasi body, apa saja keempat oskilasi body tersebut? Saya akan menjelaskannya satu persatu...



  • ·         Pitching

Yang pertama adalah pitching, pitching adalah gerakan naik turun dari bagian depan dan belakang kendaraan yang berpusat di titik pusat dari kendaraan tersebut, hal ini biasa terjadi jika pegas yang digunakan pada kendaraan tidak bagus lagi alias lemah atau bisa juga karena kendaraan sedang melewati lubang atau tonjolan.
  • ·         Bounching

Yang kedua adalah bounching, bouncing adalah bergetarnya kendaraan secara keseluruhan dengan arah naik turun karena kendaraan melewati jalan yang bergelombang dengan kecepatan tinggi, dan bisa juga karena pegas yang dipasang pada mobil lemah.
  • ·         Rolling

Selanjutnya adalah rolling, rolling terjadi jika kendaraan melewati tojolan atau saat membelok sehingga mengakibatkan perbedaan tinggi suspensi antara suspensi kiri dan kanan dan kendaraan terlihat cenderung miring ke satu sisi.
  • ·         Yawing

Yang terakhir adalah yawing, kejadian ini mungkin terjadi karena kendaraan melewati jalan yang berlubang atau bertonjolan sehingga bagian depan dan belakang kendaraan bergetar ke kanan dan kekiri terhadap titik pusat kendaraan.

seperti yang saya telah jelaskan di atas terjadinya pitcing dan bouncing juga karena pegas yang lemah, sehingga kekuatan pegas juga harus diperhatikan dalam perawatan kendaraan. Sekian sedikit postingan dari saya, kurang lebihnya saya minta maaf, dan terima kasih :D

###salam_otomotif###


EmoticonEmoticon